Pimpinan Umum Wahdah Islamiyah (WI) bersama sejumlah tokoh Islam dalam negeri dan manca negara menginisiasi pembentukan Ikatan Ulam dan Da’i Se-Asia Tenggara (ASEAN). Pembentukan Ikatan ini dimaksudkan sebagai wadah konsolidasi dan koordinasi antar Ulama dan Da’i Se- ASEAN, yang akan diawali dengan Deklarasi dan Muktamar I pada Sabtu (29/11/2014) di Depok Jawa Barat. “Deklarasi sekaligus muktamar Ikatan Ulama dan Da’i se-Asia Tenggara ini untuk menegaskan eksistensi keteladanan ulama Islam serta sebagai wadah konsolidasi para ulama dan da’i,” kata inisiator konferensi Ustad Muhammad Zaitun Rasmin, Ahad (23/11).

Pimpinan Umum WI ini menjelaskan, dasar pemikiran dan pertimbangan dideklarasikannya organisasi ini adalah kesadaran akan pentingnya peran serta kehadiran ulama dan da`i di tengah masyarakat sebagai referensi nyata masih terus berlangsung. “Pada saat legitimasi umat Islam menurun terhadap ketokohan semu, maka nilai-nilai agama Islam hanya dianggap sebagai pemanis untuk sebuah kepentingan,” terangnya.

Oleh karena itu Ulama dan da`i sebagai penyeru nilai-nilai kebenaran, diharapkan dapat menjadi tokoh panutan masyarakat muslim. Menurutnya dengan kekuatan ilmu pengetahuan dan integritas tinggi dari ulama dan da`i, diharapkan dapat memberikan solusi kepada umat Islam dalam mencari figur pemimpin ideal.

Diantara tokoh yang menginisiasi forum ini dalah, Ustad Muhammad Zaitun Rasmin, Lc, MA (Ketua DPP WI), Ustad DR. Rahmat Abdul Rahman, Lc, MA (Ketua Dewan Syari’ah WI), Ustad Ridwan Hamidi, Lc, MA, M.PI (Ketua MIUMI Yogyakarta), Ustad Ahmad Rofi’i, Lc, M.Pd.I (An-Najat).