Ustadz Zaitun: Jihad Kita Hari Ini Adalah Jihad Dakwah dan Tarbiyah
December 24, 2017
Ustadz Zaitun Imbau Kader Wahdah Islamiyah Maksimalkan Peran dalam Dakwah Medsos
December 24, 2017

Ceramah Di Mukernas X WI, Ulama dan Umat Islam Penjaga NKRI

Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI) mengatakan bahwa penjaga Negara Republik Indonesia (NKRI) yang sesungguhnya adalah para ulama dan umat Islam. Hal ini beliau katakan pada dialog Kebangsaan yang digelar di sela-sela Mukernas X DPP Wahdah Islamiyah di Asrama Haji Sudiang Makassar, Sabtu (23/12).

“Umat Islam dan ulama adalah penjaga NKRI,” ujar Zulkifli Hasan di hadapan seribuan peserta Mukernas X Wahdah yang mengikuti Dialog Kebangsaan dan Sosialisasi empat pilar. “kemerdekaan Indonesia bisa tercapai juga atas peran penting ulama dan umat Islam, bahkan bisa dikatakan kemerdekaan tak akan tercapai tanpa peran ulama dan umat Islam”, jelasnya.

Oleh karena itu Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengharapkan peran umat Islam dalam menjaga keutuhan NKRI bersama komponen dan elemen Bangsa Indonesia lainnya. “Peran penting itu harus dijaga dan ditingkatkan. Jangan justru mengecil karena ulama dan umat Islam tidak sadar, ” tandasnya.

Zulkifli juga menyoroti upaya mempertentangkan antara agama Islam dan kebangsaan. “Orang yang taat beragama dianggap tidak nasionalis, tunduk pada ajaran agama dianggap menolak paham kebangsaan. ini salah paham atau paham yang salah”, terangnya.

Menurutnya berislam dan berindonesia tidak dapat dipisahkan. “Oleh karena itu, paham agama dan paham kebangsaan tidak bisa dipecah. Saling menopang, saling mengisi”, imbuhnya. “Menjadi pemeluk agama yang taat adalah jalan untuk menjadi warga negara yang baik,’’lanjutnya. “Orang yang mengatakan beragama dengan benar dikatakan anti pancasila mesti belajar lagi tentang pancasila,” pungkasnya.